Ide Hebat

Pagi ini aku terbangun dengan sebuah ide. Seperti sebelum-sebelumnya, setiap kali ada ide baru yang terlintas di kepalaku, langsung kutuliskan di ponsel. Kemudian memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat dilakukan dengan ide tersebut. Biasanya, layaknya sebuah masakan. Ide awal adalah bahan mentah yang masih perlu diolah. Hingga membutuhkan waktu tertentu hingga masakan itu matang.

Sejenak kuberpikir bahwa akhir-akhir ini ada kebiasaan baru yang membuatku ‘sedikit’ produktif menulis. Aku mulai terbiasa menulis melalui ponsel. Praktis, tidak perlu duduk di depan meja komputerku. Aku hanya perlu membuka aplikasi menulis seperti Google Keep, lalu mulai menulis. Terutama untuk catatan-catatan penting dalam perjalanan hidupku. Meski tidak banyak yang aku ‘publish’ di media sosial. Kamu tahu, kan? Untuk menulis sesuatu itu butuh keberanian. Tetapi untuk membagikannya ke publik melalui media sosial itu butuh keberanian tujuh kali lipat, menurutku. Kenapa tujuh kali lipat? Karena aku suka angka tujuh, tidak ilmiah memang. Tapi siapa yang peduli?

Balik lagi ke ide yang membuatku merasa antusias sekarang. Menurutku, sebuah ide baru tidak melulu ide yang benar-benar baru. There’s nothing new under the sun, kan? Tidak ada ide yang benar-benar baru. Seringkali malahan itu adalah ide lama, yang sudah banyak orang melakukannya. Tetapi jika ‘dimasak’ dengan ide-ide lainnya, diberikan bumbu-bumbu lain secukupnya, dimasak dengan api yang tepat, maka, voila! Jadilah ide yang menarik untuk dilakukan. Setidaknya doable. Itu faktor terakhir yang penting dalam sebuah ide, bahwa ide tersebut dapat dikerjakan. Karena banyak sekali ide yang hebat yang tidak dapat dikerjakan karena terlalu rumit.

Tahu gak hal apa yang paling menyedihkan yang dilakukan terhadap sebuah ide? Ini: Ide hebat yang tidak pernah dikerjakan. Hanya terhetak di sebuah sudut ruang impian kita. Lama tak tersentuh, akhirnya berdebu, berkarat dan akhirnya terlupakan. Setiap orang pasti pernah memilikinya. Sebuah ide yang tidak pernah kita kerjakan hanya karena kita kurang gigih, dan takut gagal. Adakah yang lebih menyedihkan dari itu? Tidak ada.

Hidup hanya sekali. Kerjakan idemu sesegera mungkin. Mungkin itu adalah impianmu. Impian terbesarmu. Dan mungkin saja itu adalah rencana Tuhan yang telah disiapkan sejak lama untukmu. Untuk itulah kita diciptakan, untuk mengerjakan rencanaNya di dalam diri kita, yang telah lama menunggu untuk diwujudkan. Punyailah keberanian itu.

11 thoughts on “Ide Hebat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s