Minta Mobil Yang Lebih Mahal

Pagi ini, Arne, anak saya bercerita lagi. Seperti biasa kisahnya selalu heboh. Saya menikmatinya, sesekali menimpalinya dengan bersuara, “Oya?”, “Wow!”, “Lalu?” namun mata dan pikiran saya tetap fokus ke jalan meskipun sudah mulai lengang karena musim mudik.

Tiba di depan pintu pagar tempat tinggal kami, tiba-tiba dia bertanya, “Pa, Arne ingin mobil yang lebih mahal dari ini.” Saya terdiam. Menginjak kopling dan mengganti persneling ke gigi nol.

“Kenapa?” tanya saya lebih lanjut.

“Pokoknya Arne ingin mobil yang lebih bagus dan lebih mahal. Arne nanti ingin kerja, punya banyak uang lalu membeli mobil yang lebih mahal,” sahutnya.

Mobil kami keluaran tahun 2006, sudah berumur 8 tahun, sejak ia kecil hanya tahu mobil ini. Seharusnya saya maklum dengan pertanyaan ini. Namun, saya melihat adanya kesempatan. Ya, kesempatan mulai mengajarkan kepada anak mengenai arti memiliki benda dan menjadi kaya.

“Arne, jika Arne besar dan punya banyak uang. Arne memang boleh saja membeli mobil yang lebih mahal. Tetapi kalo papa punya banyak uang, papa lebih senang menolong lebih banyak orang daripada membeli mobil lebih mahal. Toh, mobil ini masih bisa dipakai dan tidak pernah mogok di jalan.”

“Jadi, Tuhan lebih senang kita menolong banyak orang ya, pa?”

“Tentu saja,” jawab saya sambil tersenyum.

“Kalo begitu, nanti Arne ingin jadi arsitek supaya bisa bangun rumah buat banyak orang!”

Saya mengangguk sambil memberikan tanda jempol kepadanya.

Kemudian ia turun dari mobil, membawa tasnya, lalu masuk ke dalam rumah.

Saya tetap di dalam mobil, melanjutkan mendengarkan radio 103.8 FM, Brava Radio, yang sedari tadi berbincang mengenai pluralisme, percakapan Leonardo Ringo bersama Yenny Wahid, Director of The Wahid Institute.

Setiap keluarga memang harus mengerjakan Pekerjaan-Rumahnya masing-masing untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

