Menjaga Momentum Menulis Setiap Hari

Pada tanggal 27 Juli 2013, aku melontarkan ajakan menulis random setiap hari. Dan, kemarin, tanggal 31 Agustus’13 adalah hari terakhir proyek menulisnya.

Aku sendiri gagal menulis posting setiap hari, karena sejak tanggal 28 Agustus harus pergi ke luar kota, dan akses internet di kota tersebut tidak mendukung. Jadinya tulisan terakhir yang kuposting untuk proyek tersebut berhenti pada tanggal 27 Agustus 2013, dengan postingan cerpen berjudul ‘Ribuan Puisi Untuk Mentari’

Dengan berakhirnya proyek menulis tersebut apakah aku berhenti menulis? Tentu tidak. Malah, karena sudah terbiasa menulis setiap hari selama 30 hari, aku jadi terbiasa menulis.

Aku teringat dengan Hukum Kelembaman Newton. Hukum tersebut bisa dijelaskan seperti ini: Jika suatu benda yang awalnya diam, tak bergerak, maka benda tersebut akan selamanya diam. Benda akan bergerak apabila benda tersebut diberi suatu gaya dari luar. Sebaliknya jika benda sedang bergerak maka benda selamanya bergerak, kecuali bila ada gaya yang menghentikannya.

Aku berharap proyek menulis setiap hari yang diadakan kemarin adalah seperti suatu gaya yang menggerakkan kemauan kita ‘bergerak’ menulis setiap hari. Dan pergerakan menulis tersebut akan selalu bergerak (menulis) selama tidak ada gaya dari luar (kemalasan, misalnya) yang menghentikannya.

Sekarang, yang perlu kita jaga adalah momentumnya. Momentum ini penting untuk menjaga kedisiplinan kita menulis. Salah satu cara saya menjaga momentum adalah dengan mendapatkan ide menulis sebanyak-banyaknya. Bagaimana cara mendapatkan ide? Dengan cara membaca buku yang bagus sebanyak-banyaknya.

Aku percaya bahwa, sebuah buku yang bagus tidak pernah gagal mendorong kita untuk menulis. Jadi pekerjaan rumahku selanjutnya adalah menyelesaikan buku-buku yang telah kubeli dan hingga sekarang belum dibaca.

Jadi, bagaimana petualanganmu menulis kemarin? Silakan ceritakan di blog dan aku juga berharap kamu tidak berhenti dan terus menjaga momentum menulis setiap harimu.

Perjalanan belum berakhir. 🙂

Write Until Something Happen! W.U.S.H.!

6 thoughts on “Menjaga Momentum Menulis Setiap Hari

  1. banyak pengalaman yang sudah didapat selama 34 hari aku menulis setiap hari 🙂 dan sudah tertuang di blog..silahkan mampir mas kalo ada waktu, kemaren malam sudah mention ke twitternya mas ega . ^_^

    setuju banget mas tentang sebuah buku yang bagus tidak pernah gagal mendorong kita untuk menulis. Membaca buku bagiku ibaratnya kita memakan sesuatu untuk mendapatkan energi dan menulis adalah kegiatan yang kita lakukan untuk mengeluarkan energi.

    Semoga irama untuk tetap menulis setiap hari bisa terus awet..:)

  2. Aku juga sama mas, gagal bahkan di awal bulan karena langsung mudik libur lebaran dan ya libur juga buka gadget apapun. Tapi lumayanlah, tulisan Agustus paling banyak dengan bulan lain.
    Untuk menjaga motivasi, kalo aku selain baca buku penting bgt blog walking ke tetangga sebelah, membuat kita terinspirasi untuk menulis.

    Thanks ya Mas atas ajakannya, insyaAllah tetep semangat nulis ^_^
    Semangat!!

Tinggalkan Balasan

