Kemampuan Berteman Mempengaruhi Keberhasilan

Sudah lama aku memikirkan ini. Bahwa ada hubungan erat antara keberhasilan berbisnis dengan kuantitas dan kualitas teman yang kita miliki. Semakin banyak teman yang ‘berkualitas’ yang kita miliki akan berbanding lurus dengan keberhasilan melakukan bisnis. Aku sungguh mempercayai itu.

Sejak masa kuliah, aku sudah mulai mencoba berbisnis (baca: berdagang). Selain untuk menambah uang saku, aku juga ingin melatih kemampuanku berteman dan bernegosiasi. Sadar karena tidak dilahirkan di lingkungan pebisnis, aku memilih untuk belajar dari teman-temanku untuk mengasah kemampuan itu. Aku memulainya dengan mencoba menjual coklat cadbury batangan di kelas saat awal kuliah, dan ternyata ludes hanya dalam waktu beberapa jam saja. Hal itu membuatku punya kepercayaan diri untuk berdagang. Kemudian, aku pernah berjualan baju, dan laris manis juga. Pernah berjualan ayam kremes, bahkan pernah juga berjualan bandeng tanpa duri. Meski tidak semuanya berhasil, namun dari semuanya itu aku belajar banyak hal tentang berbisnis dan berelasi.

Sampai hari ini pun semua bisnis yang sedang aku jalankan hanya bisa berjalan karena hubungan pertemanan yang aku miliki. Tanpa mereka semua pasti aku tidak bisa melakukannya sendirian.

Lalu, ketika ada yang bertanya kepadaku apakah sekolah itu penting untuk keberhasilan di masa depan? Aku akan menjawab sangat penting. Di sekolah kita diajarkan banyak hal yang harus kita ketahui dan terutama sekolah akan mengajari kita mempunyai disiplin. Berdisplin untuk tidak berhenti belajar. Dan yang tidak kalah pentingnya selama di masa sekolah adalah kesempatan kita untuk membangun relasi pertemanan. Karena aku percaya, semakin baik kemampuan kita membangun hubungan pertemanan akan semakin besar kesempatan untuk meraih keberhasilan di masa depan.

Lima tahun yang akan datang, keberhasilan kita sangat bergantung kepada buku-buku yang kita baca dan dengan siapa kita bergaul setiap harinya, begitu kata John C. Maxwell.

Jadi, siapa saja teman-temanmu sekarang?

One thought on “Kemampuan Berteman Mempengaruhi Keberhasilan

Tinggalkan Balasan

