Yang Belum Kuceritakan Tentang Aku dan @nulisbuku

Ingin tahu pengalaman seorang rekan yang sudah menerbitkan buku secara indie? Silakan baca kisah yang menarik ini.

anunyadadun™

Pada suatu hari dengan tanggal, bulan, dan tahun yang terlupakan, seorang teman memberitahuku tentang sebuah penerbit indipenden bernama Nulisbuku . Yang kuingat, saat itu Nulisbuku memulai debutnya dengan menerbitkan karya-karya penulis indipenden yang jumlahnya tidak sedikit–sekitar seratusan–dan temanku merupakan satu di antaranya. Aku merasa lumayan tertarik, tetapi saat itu belum ada karya yang bisa kuterbitkan.

Lalu, pada suatu hari yang lain, sekitar bulan Mei 2011, aku membaca pengumuman kompetisi yang diadakan oleh penerbit indipenden lainnya–ya, saat itu boleh dibilang tahun kebangkitan penerbit indipenden. Ketertarikanku didukung sejumlah cerpen yang kurasa cukup memadai untuk kuterbitkan secara indipenden.

Mulailah aku mengumpulkan cerpen-cerpen itu, mengedit, mengedit, dan mengeditnya sedemikian rupa. Setelah cukup yakin untuk mengirimkannya, sesuatu yang tak bisa kujelaskan mengubah rencanaku secara total.

Alih-alih mengirimkan naskahku ke kompetisi itu melalui email, aku malah membuka halaman web Nulisbuku, dan mempelajari bagaimana cara mengunggah naskah ke sana. Sebutlah aku impulsif, karena memang demikian adanya. Hari…

Lihat pos aslinya 876 kata lagi

Tinggalkan Balasan

