Keberanian untuk Hidup Tanpa Kemenangan

Bertindak berani atas nama kebenaran tidak menjamin akan adanya kemenangan. Selama kita hidup di dunia ini, sistem yang berlaku tidak seperti pemahaman ideal kita. Tidak semua yang benar akan menang dan yang salah akan menderita kekalahan. Tidak seperti itu. Dan kita harus bersikap realistis akan hal ini.

380 tahun yang lalu, seorang pria berkebangsaan Italia bernama Galileo Galilei dihukum karena menyatakan sebuah kebenaran, ia adalah seseorang yang mendukung teori yang menyatakan bahwa bumi bergerak mengelilingi matahari, bukan sebaliknya. Teori ini berkebalikan dengan kebenaran umum pada saat itu yang menyatakan bahwa bumi dan manusia adalah pusat alam semesta, sedangkan matahari dan semua benda langit lainnya bergerak mengelilinginya. Apa balasan yang diterima ketika memberitakan pandangannya tentang kebenaran ini? Galileo dihukum dengan pengucilan (tahanan rumah) hingga akhir hayatnya.

Seratus tahun sebelumnya, Nicolaus Copernicus, seorang astronom dan matematikawan yang mencetuskan teori tersebut bahkan mendapatkan tentangan dari banyak pihak. Sampai meninggalnya ia tidak pernah mendapatkan kemenangan atas kebenaran teorinya.

Tetap berdiri demi kebenaran menuntut sebuah keberanian. Dan keberanian membutuhkan membutuhkan tindakan yang kuat yang menyertai ucapan.

Apabila sekarang karena tindakan kebenaran kita dihadapkan dengan banyaknya hambatan dan ancaman. Jangan menyerah, karena jika menyerah suatu hari nanti kita akan menyesalinya, tetapi sampai kapan pun kita tidak akan pernah menyesal karena telah bersikap berani. Meskipun bertindak berani atas nama kebenaran tidak menjamin akan adanya kemenangan.

Seorang penulis bernama James Russell Lowell pernah berkata, “Di balik kesuraman yang tidak diketahui batasnya, tetaplah percaya bahwa Tuhan tetap berdiri di dalam bayang-bayang, mengawasi dari atas semua kepunyaanNya.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s