Resep Bahagia

Otak selalu memproses semua data yang masuk melalui indera, ketika kita sedang mendengar, melihat, membaca, merasakan, dan mengecap. Meskipun data tersebut masuk secara acak, otak akan segera menganalisa data tersebut dan mengasosiasikannya dengan data yang sebelumnya sudah ada, yang tersimpan di dalam memori. Hasil dari pengolahan data inilah yang mempengaruhi SETIAP tindakan. Bahkan untuk tindakan-tindakan yang tidak disadari.

Oleh karena itu betapa pentingnya kita harus memilah dan memilih segala informasi yang masuk melalui otak, yang kemudian disimpan ke dalam memori. Otak layaknya tubuh jasmani, ia sangat memerlukan makanan yang sehat dan seimbang.

Di era informasi yang sangat banyak dan cepat seperti sekarang ini. Aku berkeyakinan bahwa kemampuan yang paling dibutuhkan untuk hari ini dan masa depan bukan lagi kepandaian berhitung, dan menghafal teori-teori semua ilmu pasti, karena semua itu sudah tersedia dengan mudah di internet dan mudah ditemukan melalui bantuan google dengan gratis. (Silakan buka situs ini: khanacademy.org, situs ini akan membuat anak kita bahkan tidak perlu pergi ke sekolah untuk belajar semua ilmu pasti- kecuali untuk belajar ilmu bersosialisasi). Namun, di masa yang akan datang, kita sangat membutuhkan kemampuan (aku sebenarnya lebih suka menyebutnya ‘kebijaksanaan’) untuk memilah dan memilih informasi yang sehat dan seimbang untuk asupan otak. 

Jika makanan informasi kita sehat dan seimbang pasti akan menyehatkan otak. Jika otak sehat, maka seluruh jasmani dan rohani pasti juga sehat. Dan, bagi kebanyakan orang, kesehatan jasmani dan rohani disebut kebahagiaan, yang selama ini didambakan semua manusia.

“Blessed are those who hunger and thirst for righteousness, for they shall be satisfied.”

2 thoughts on “Resep Bahagia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s