20% Yang menyenangkan di Google

google 1Katanya jika bekerja di google, semua software engineer-nya harus menggunakan setidaknya 20 persen waktu mereka, kira-kira satu hari dalam seminggu, untuk mengerjakan proyek apapun yang mereka minati, mereka inginkan, apapun yang menurut mereka penting dan yang paling asik adalah mereka mengerjakan ‘proyek mereka’ itu tanpa memusingkan omongan orang tentang gagasan mereka itu, tanpa pusing apakah ide itu bisa menghasilkan uang atau tidak, dengan kata lain perbuatlah demi kepuasan diri sendiri.

Peraturan 20 persen ini mungkin tidak lazim di dalam dunia bisnis modern, apalagi di Indonesia, hehehe, tetapi google yakin bahwa hal ini tidak malah membuat para karyawannya malas bahkan hal ini semakin merangsang adanya inovasi dan bertumbuhnya gagasan cemerlang yang mungkin tidak pernah terpikir sebelumnya. Menurut mereka karyawan akan lebih produktif sewaktu mengerjakan sesuatu yang menurut mereka penting, temuan mereka sendiri, atau sesuatu yang sangat mereka inginkan.

Para insinyur google ini juga diberi pilihan untuk memanfaatkan 20 persen waktu itu tiap minggu atau ‘menabungnya’ sehingga mereka bisa menghabiskan satu bulan khusus untuk satu proyek mereka. Waooww… sungguh menyenagkan, bukan?

Ada satu lagi yang lebiiih menarik, yaitu apabila suatu gagasan tersebut semakin matang dan telah dinilai layak untuk dilanjutkan oleh perusahaan maka gagasan atau ide tersebut berhak mendapatkan dana serta dukungan dari manajemen supaya proyeknya bisa terwujud! Kerennnn!

Ini membuktikan betapa berharganya sebuah ide. Jadi, ada yang mau menerapkannya?

Think On These Things.

Sumber: The Google Story by David A. Vise

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s