Gugurnya hiburan rakyat di televisi

Berita apa yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini? Bukan lagi tentang gempa, atupun teroris, tetapi hilangnya hiburan rakyat yang selama bertahun-tahun ada di layar televisi kita setiap malam Minggu dan Minggu malam secara gratis yaitu pertandingan-pertandingan liga Inggris!

Ya, sekarang pertandingan liga inggris itu tidak bisa lagi dinikmati secara gratis di ‘TV gratisan’ kita, bagi yang ingin nonton harus menambah pengeluaran tiap bulannya sebesar kurang lebih 200 ribu untuk berlangganan ASTRO saja. Karena cuma ASTRO yang sudah membeli hak siar pertandingan-pertandingan liga Inggris itu.

Aku memang bukan salah satu maniak sepakbola di liga Inggris, rasa kehilangan itu mungkin tidak terlalu mengganggu. Tetapi bagaimana dengan abang becak yang suka nongkrong di warung sebelah yang selalu nonton Christiano Ronaldo jagoannya itu, bagaimana dengan ribuan atau bahkan jutaan rakyat Indonesia lainnya yang tidak lagi bisa menikmati hiburan gratis ini?

Menurutku lebih baik menonton pertandingan sepakbola liga inggris daripada menonton sinetron-sinetron yang kurang bermutu yang sama sekali tidak memberikan nilai-nilai positif bagi bangsa ini.

Adakah dampak yang akan terjadi jika hiburan-hiburan rakyat seperti tayangan sepakbola, satu persatu mulai menjadi eksklusif?

Bagaimana menurutmu?

4 thoughts on “Gugurnya hiburan rakyat di televisi

  1. Betul Bang Ega, gimana bisa PSSI go International kalau referensi gratis pertandingan sepak bola bermutu melalui Tipi gratis sudah almarhum.

    Wah, mungkin ada permainan politik sama si Astro ya, atau gak ada yang mau sponsor lagi??

    Aku juga lagi itung-itung nih, mau langganan tipi berbayar, soalnya udah bete banget lihat sinetron yang ceritanya gak masuk akal & gak mendidik. kasian nih anak-anakku lihat gaya-gaya norak disitu !

    Salam buat crew neo !

  2. hehehe…
    inilah salah satu imbas kecil dari permainan yang bernama globalisasi: yang kaya akan semakin kaya, yang miskin semakin merana.
    Dan satu-satunya hiburan gratis di akhir Minggu pun mulai tidak gratis lagi.

    Tentang astro, menurutku bukan salah astro tetapi hal ini terjadi konon karena pihak pemegang hak siar dari Liga Inggris menaikkan feenya mencapai 60% kenaikkannya, dan inilah yang membuat salah satu sponsor besar liga inggris sebelumnya mundur karena memang sudah diluar kewajaran kenaikkan tersebut. Data ini aku dapat dari salah satu milis, benar atau tidaknya belum terbukti.

    sekarang kita berharap saja bahwa hal ini tidak membuat negara kita tercinta ini semakin ‘miskin’ hiburan…

    Tetap semangat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s