Susahnya Menjadi Wanita (from Nofie Iman’s blog)

Postingan dibawah ini diambil dari http://nofieiman.com/ , yang menurutku adalah suatu ‘penemuan’ yang menarik. Bacalah:

Berangkat dari ketidakpercayaan dan sedikit rasa penasaran saya dengan posting-posting bang Idban ini dan ini, saya jadi tergerak untuk mencoba dan melakukan hal yang serupa. Tentu saja, saya membuat persiapan yang jauh lebih matang, mulai dari membentuk karakter, membangun profil yang menjual, hingga mencari foto yang dipandang cukup relevan tetapi masih menarik. Dan medio Maret lalu, proyek tersebut akhirnya selesai juga. Bagian “who can view my full profile” serta “who can send me messages” dibuka untuk “Anyone“, walaupun belakangan “who can send me messages” saya batasi hanya sebatas “My Friends” saja.

Secara keseluruhan, proyek tersebut boleh dibilang sangat mengejutkan saya. Tiga hari atau selambatnya seminggu sekali saya login dan melakukan checking, selalu dikejutkan dengan banyaknya messages, friend requests, serta testimonials yang masuk. Bayangkan saja, setiap weekend, selalu ada notification box di sudut kanan yang berbunyi:

  • You have 164 new messages.
  • You have 55 new friend requests.
  • You have 2 new testimonials.

Jadi, jangan heran jika setiap kali Anda cek messages, selalu muncul pesan-pesan genit berjudul “heeyy”, “hai”, “hi, boleh kenal gak”, “thanks”, “hi dear”, “hi sexy”, “salam kenal buat kamu”, “alo, may I know???”, “hiya babe”, “hi. dont ignore this ok”, “thanks a lot”, “A new friend maybe?”, “thanks for the add”, “hai ***** cantik”, “ho’re u today”, “hi kenalan dong… boleh kan”, atau pesan-pesan lain yang sejenis.

Dan, berikut ini perolehan statistik sementara (8 Mei 2005) sejak dibuatnya account ini pada akhir Maret tahun 2005 lalu. Cukup hebat, bukan?

  • Your profile has been viewed 1305 times since 05/02/05
  • My Friends:412
  • Two Degrees:34615
  • Three Degrees:1476254

Secara rata-rata, sekitar 100 messages selalu masuk setiap minggunya. Friend requests dalam satu harinya rata-rata 3 buah. Sementara testimonials yang masuk hanya 2-3 buah dalam seminggu. Statistik ini agak mengejutkan saya. Apalagi, mereka-mereka yang terlibat via messages, friend requests, serta testimonials, 90% lebih adalah laki-laki berusia antara 20-30 tahun. Salah satu yang terlibat didalamnya bahkan seorang bapak yang merupakan staf dari sebuah maskapai penerbangan plat merah (terlhat dari email yang digunakan).

Menariknya lagi, ternyata para pria-pria kesepian yang terlibat tersebut mempunyai karakter yang cukup unik. Mostly, hampir seluruhnya enggan mempublikasikan foto riil mereka sendiri. Rata-rata mereka memasukkan foto Nico Saputra, Ferry Salim, Tom Cruise, atau artis/selebritis lain. Beberapa diantaranya memasukkan beberapa artis wanita berpenampilan cantik dan seksi. Selebihnya rata-rata memasukkan gambar tokoh kartun atau karakter hentai anime. Yang cukup menarik adalah beberapa menggunakan foto asli yang bergaya ala foto-foto di KTP atau di ijazah. Cukup menarik memang. Barangkali suatu saat nanti bisa diangkat jadi salah satu bahan skripsi. )

Oiya, ternyata hampir seluruh komentar (baik via testimonials maupun messages), selalu terkesan jayus, garing, dan kebanyakan berbau mesum. Aneh, kenapa perilaku kebanyakan pria selalu begitu yah? Mungkin, ada baiknya juga saya attach komentar-komentar tersebut disini:

hi there,
thanks for allowing me to become ur friend. u r so
cute and sexy. if u dont mind i would like to ask
few personal question. can i ask ur height and vital
stat..i will look forward for your reply. i hope u wont
be offended…again i would like to tell u ..u r so
cute and hot…:)

Barangkali Anda penasaran dengan “perempuan” satu ini. Saya enggan menampilkannya disini, tapi silakan Anda browse saja via friend lists saya di Friendster. Yang jelas, “si wanita” ini kuliah di suatu kampus yang berlokasi di Wisma Dharmala dan Kebon Sirih. Tebak sendiri, oke?

Saya sendiri masih bingung dengan proyek ini. Entah akan saya gunakan untuk apa data-data ini nantinya. Bisa saja saya melakukan suatu tipuan misalnya dengan mengirim message seperti, “Eh, gue skrg di Aussie dan mo balik ke Jkt akhir bulan ini. Tapi plz gue pinjem duit *sekian* buat sekedar oleh2 tmn gue. Ntar sekalian plz jemput gw di bandara ya. Tapi sementara, plz transfer dulu ke nomer *sekian* dan ini no hp gw *sekian*.” Bisa dibayangkan, dari 400 teman, dengan asumsi 5% saja tertipu dan mau melakukan transfer katakanlah Rp 2 juta saja, setidaknya saya bisa mengumpulkan Rp 40 juta secara instan. Tapi tentu saja saya nggak akan melakukan hal itu. )

Oke, terakhir dari saya, tentu saja dari proyek ini ada sesuatu yang bisa diambil hikmahnya. Pertama, kita jangan begitu mudah percaya pada apapun terutama di dunia maya. Sedikit berhati-hati dan konservatif mungkin akan banyak gunanya. Dan kedua, jika Anda punya pacar atau teman wanita (terutama jika parasnya cantik dan seksi), harap dimaklumi saja kalau dia sering lupa atau telat membalas message dan testimonial Anda. Hal itu bukan karena dia sombong atau apa, tapi karena banyaknya message, friend requests, dan testimonial yang masuk ke accountnya.

Ternyata memang susah (mencoba) menjadi wanita. D

* Untuk selengkapnya baca di sini

Tinggalkan Balasan

