20 detik yang menentukan

jKetika melakukan ‘pit stop’ di J.Co delta plasa, kami mencoba mengamati perilaku pengunjung ketika mereka menggunakan tangga berjalan yang turun ke bawah di dekat J.Co, hasilnya:

Ternyata hampir 95% pengunjung yang sedang turun di tangga berjalan itu melihat selama beberapa detik (maksimal 20detik) ke arah J.Co, dan beberapa orang tersebut akhirnya mampir dan membeli J.Co, meski sebelumnya mungkin tidak berniat untuk membeli J.Co (Ini aku simpulkan karena sebelumnya mereka berjalan ke arah yang berlawanan lalu berbalik arah ke J.Co). Artinya selama maksimal 20 detik secara visual pengunjung yang sedang turun menggunakan tangga berjalan dapat melihat J.Co, lalu timbul keinginan untuk membeli lalu mengambil keputusan untuk mampir dan akhirnya membelinya.

Data ini buatku hanya ingin membuktikan teori seorang teman yang berbisnis properti pernah mengatakan kalo tempat yang paling strategis di dalam mall adalah: pertama: tempat di pintu UTAMA mall yang terlihat juga dari luar mall (Seperti yang dilakukan oleh Bread Talk, Starbuck PTC) DAN yang kedua: jika di dalam mall: harus di depan tangga berjalan yang turun, BUKAN tangga berjalan yang naik (Kalo yang naik: TIDAK STRATEGIS).

Akhirnya terjawab sudah rasa penasaranku, Setuju?

4 thoughts on “20 detik yang menentukan

  1. @ys> SETUJUUUUU…..; Btw memang dalam berbusiness Property harus ada konsep dalam hal ‘One Stop Concept ‘ yang terintegrasi; Selain tenant harus jeli melihat strategi yang ada; juga dari pihak Building managementnya berperan besar dalam memberikan dukungan agar ‘pengunjung’ / visitors dari Propertynya berdatangan ‘seperti’ semut..: Karena tanpa peran akftif dari Building Marketing / Promotion Dep.nya Mall sepi & kita sudah memilih di paling lokasi strategispun alhasil tidak ada manfaatnya…tapi kalau pengunjung ramai tapi ‘tempat kita juga tidak ‘Eye Catching’ alias ada ‘USP’nya….atau sebaliknya ‘malah tidak menarik’…he he pengunjung pengennya jalan cepat2 agar segera menjauh dari tempat kita..he.he; So…aku ada teka-teki lagi yah..selain Perpanjangan dari ‘SIM’ (Edisi Tertib Berlalu lintas)…ada 1 (satu) lagi tentang Property or Mall… : KENAPA SAMPAI SAAT INI ‘TP ‘alias’ TUNJUNGAN PLAZA SECARA cost Percontact atau sering dikunjungi… tetap menduduki rangking # 1?…. Bisa jawab? Hadiah menarik dari ADHICIPTA Art Gallery.. 🙂

  2. Masa sih pak ays kalo TP masih paling banyak dikunjungi? Kalo overall sih (TP I- TP IV) mungkin jumlah pengunjungnya masih paling banyak, tetapi kalo dilihat yang paling padat pengunjungnya mungkin Plaza Surabaya atau disebut juga Delta Plasa bisa menjadi yang pertama. Ini menurut pengamatan saya sih. Yang lain punya data yang lebih lengkap?

    Kalo jawaaban teka-tekinya: Karena Tunjungan Plaza beraada di lokasi paling strategis di kota Surabaya ini.
    Piye?

  3. TP menjadi jujugan segala golongan. Kalo tempat mal lain kalo diperhatikan memiliki pengunjung sebagian besar dengan golongan tertentu.

  4. @ys> Hmmmm mudah2an data surveyku masih update🙂 untuk Vay… aku setuju banget; karena memang dari data yang ada TP menjadi Random Acces Point dari berbagaoi golongan; Untuk Delta Plza memang benar juga data dari Mas Brilliant….memang saat ini tempat ini ( DP ) menjadi sasaran bag sebagian penghuni kota Surabaya yang berdomisili disekitar DP karena masuknya beberapa ‘Frenchise Food’; ….. mungkin nanti akan lebih rame kalau sudah masuk produk satu lagi yang punya branding sedang ‘mulai’ merambah dengan ‘cukup’ pesat ( Data di ambil dari hasil pengumpulan ‘Comment Card’ saat FSS2007); yakni Produk ini diharapkan menjadi Produk yang ‘Spetakuler’ karena Uniq & memiliki USP dari produk sejenis lainnya….apa itu ? Wah teka teki lagi yah? Hayo apa?

    OK…aku jawab ajah yah untuk 2 Teka Teki yang sebelumnya 🙂
    1. S.I.M C / A / B : SURAT IJIN ‘MENGUASAI’ Jenis kendaran golongan C / A / B;
    2. TP tetap ramai ? : Karena yang ada hanya himbauan lewat lagu : Rek ayo Rek.. mlaku mlaku neng Tunjungan…!! ( He he…apa sudah ada : Rek ayo Rek Mlaku-mlaku neng ROYAL…..)…. ayo bikin lagu : Rek ayo Rek..mlaku mlaku neng Raya Darmo… !! Rek ayo rek mlaku mlaku karo kaosan….nganggo kaos sambil ndelok lukisan’ne….ndelok lukisane seng di garap karo konco2 grafis…. ( Mudah2an ada produser yang mau melirik lagu ini buat di Recording… ha ha ha 1000x )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s