Ngeri…

211639760_4e9405e247
Hari Sabtu lalu, aku dan Neni ke Bojonegoro untuk menghadiri pesta pernikahan saudara di sana.
Pertama kali nyetir sendiri ke sana. Ada sesuatu yang ingin ku share kan tentang perjalanan ke sana, sepertinya hal ini membuatku terheran-heran dan tidak pernah kupikirkan sebelumnya. Apa itu?

Bayangkan teman-teman: hampir sepanjang perjalanan di luar Surabaya (By pass Bojonegoro-Babat-Lamongan) semua pengendara sepeda Motor(hampir 95%!!!): TIDAK MEMAKAI HELM!!! Dan mereka mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan lumayan tinggi (70-85 km/jam), tanpa rasa takut, berboncengan dengan isteri dan anak-anak kecil, meliuk-liuk melewati berpuluh-puluh truk bermuatan penuh yang jalannya miring seperti hampir roboh! Ngeri melihatnya.

Aku tidak tau pasti angka kecelakaan sepeda motor yang sudah mengakibatkan meninggalnya para pengendara di daerah itu, tetapi menurut logika berpikirku melihat kenyataan yang ada, kok sepertinya angkanya cukup tinggi. Apakah di daerah lain juga terdapat hal2 yang sama (Pengendara sepeda motor merasa tidak perlu memakai helm)?

Apakah masyarakat Indonesia ini tidak mengerti artinya: Memakai helm untuk keselamatan, bukan supaya tidak ditilang polisi?
Apakah belum pernah ada yang mensosialisasikan perlunya memakai helm saat berkendara?
atau apakah masyarkat kita memang sudah sangat ‘SAKTI MONDROGUNO’ sehingga tidak perlu memakai helm?
Begitu sulitkah memberikan pengarahan kepada masyarakat ini?
Atau bangsa ini memang bangsa yang bebal?

Semoga ada pihak yang terkait dengan masalah ini ‘mendengar’ keprihatinanku ini.

*Sedih, melihat bangsa Indonesia yang ternyata masih banyak yang ‘tertinggal’.

atau kita perlu sebuah taman lalulintas untuk mengedukasi hal-hal seperti ini?:) (Gimana pak ays?)

Iklan

5 thoughts on “Ngeri…

  1. @ys> Kesadaran berlalulintas?… ini adalah masalah yang cukup kompleks Mas Ega; kebetulan saya sejak Th.1993 terlibat langsung dalam Program Pemberdayaan dalam hal Sosialisasi UU No.14 ttg Peraturan Lalu Lintas & Jalan Raya; SKEP KAPOLRI No.118/IX/1993, yang saat itu saya konsepkan PROGRAM KEMITRAAN..(Maaf Mas Ega bisa saya hanya itu..ya tukang Konsep); Kenapa saat itu undang-undang ini banyak di tentang? padahal UU tentang pajak yang sebenarnyanya memberatkan masyarakat kok g di tentang. So..ini yang membuat saya tertarik dan terlibat sebagai Public Service Consultant untuk POLRI dan terakhir saya masih sempat Th.2007 (Maret yll) turut serta sebagai Perancang dan motivator agar terbangunnya Taman Lalu Lintas di MAPOLRES PASURUAN; so…terus bagaimana? WOW! yang utama saya harus acungkan jempol untuk KAPOLRES PASURUAN Bp. Boy & Kadit Diyaksa Ibu Mujiati serta rekan-rekan FORMULA 1 Pasuruan dengan ketuanya Bp. Daniel serta P.Ruslan serta Mas Deddy aktivies Formula I ( Formula I adalah kelompok Muda wilayah Pasuruanb bentukan KAPOLRES dalam program peduli tentang Tertib Lalu Lintas)terus apa kaitannya….Yap!! 1993 s/d 2007 = 16 Tahun Mas Ega..saya konser tentang SAFETY & SECURITY terutama tentang Safety Driver..dalam usia yang cukup lama 16 tahun itu…ternyata belum cukup dan belum bisa berbuat banyak; Kenapa? ada satu goals yang saya konsepkan dalam PROGRAM KEMITRAAN yakni = TERCAPAINYA MASYARAKAT INDONESIA SEBAGAI MASYARAKAT MEMILIKI BUDAYA MALU. Nah inilah yang belum ada pada Budaya Kita : Budaya Malu; terus ada salah kaprah dalam mengartikan SIM (yang menjadi standard utama dalam mengendai bermotor); apa kepanjangan SIM ?….OK yang bisa menjawab dengan Benar & Tepat akan saya beri Hadiah satu buah Lukisan dari Gallery yang saya kelola..jawaban saya tunggu…APA KEPANJANGAN DARI SIM ??

  2. Wahh… terimakasih atas comment nya yg lengkap, mr.Ays. Dan semoga bangsa kita ini memiliki budaya malu… (Mungkin karena di buku pelajaran kita sejak SD tidak mengajarkan budaya ini ya?)

    *Pak Ays, (demikian kami biasa memanggilnya) adalah pemilik dari Adhicipta Art Gallery, tempat berlangsungnya open house kolaborasi: Graphic design+ Fine Art.

    Ayo siapa yang bisa menjawab kepanjangan dari SIM? (ini pertanyaan yang mudah bukan?:p), akan mendapatkan salah satu koleksi lukisan di galeri Adhicipta Art Galery!

    Try it!

  3. @ys> Hmmm masih salah Tuh; Piye kalau Pertanyaan ini kita berikan batas waktu sampai hari Senin 18 Agustus 2007 biar ga stugnant dan nntinya juga bisa bermanfaat buat rekan-rekan lain…. :- ). SIM artinya adalah………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s