Tidak suka baca buku kok bangga?

57449730
Suatu kali ada seorang teman yang dengan bangganya mengatakan kalo nggak suka membaca buku, dan menyatakan sudah cukup dengan menonton televisi saja untuk mendapatkan ‘semua ilmu’nya. "Toh, isinya sama saja" alasannya.

Hohoho…. pernyataan yang cukup berani menurutku.

Dan, ketika aku sedang membaca buku kumpulan tokoh-tokoh Indonesia, aku tertarik dengan ucapan Ibu Eva Rianty Hutapea yang mengatakan bahwa ia bahkan mewajibkan dirinya MEMBACA BUKU untuk terus meng-update diri.

(Bayangkan!) Bahkan seorang Eva Rianty Hutapea (mantan CEO PT. Indofood Sukses Makmur, sekarang Presiden Direktur PT. UKM) saja yang bergaji 1,2 milyar/tahun atau 100 juta! per bulan (Menduduki peringkat ke-6 Gaji Tertinggi versi sebuah majalah ekonomi Indonesia) mewajibkan dirinya untuk terus membaca buku untuk mendapatkan pengetahuan-pengetahuan terkini, eh.. kita-kita yang masih muda dan mempunyai gaji nggak sampai puluhan juta rupiah (jaauuuuhhh….. jika dibandingkan gaji ibu Eva) malah dengan sombong mengatakan untuk tidak membaca buku, karena sudah tergantikan dengan menonton televisi.
weleh… weleh…
Siapa yang benar?

Biasanya, alasan-alasan yang (sengaja) diciptakan untuk tidak suka membaca buku: Harga buku terlalu mahal… (Padahal jika dibandingkan pengeluaran untuk makan di restoran perbulan, jadi relatif murah tuh), Tidak ada topik yang menarik, terjemahannya kacau lah, bukunya terlalu tebal lah, lagi nggak mood lah (apalagi ini!)…, bla, bla, bla… padahal alasannya (yang benar) cuman: ehem… : M.A.L.A.S :p

Padahal, menurutku, bagaimana jika kita sekarang merubah paradigma kita. Bahwa membaca buku adalah INVESTASI MASA DEPAN, yang paling aman, murah dan PASTI MENGUNTUNGKAN!

bener nggak?

Ayo anak-anak muda Indonesia, mari membaca buku!
Untuk Indonesia yang lebih baik.

Iklan

5 thoughts on “Tidak suka baca buku kok bangga?

  1. Aku bukan ingin memberikan alasan untuk kemalasanku ^^ haha (karena ak memang malas banget sih dulu haha).. Tapi kondisi di Indonesia yang memprihatinkan ini turut mendukung kita untuk tidak membaca dan mendapatkan informasi untuk kita pelajari.. Buku mahal? termasuk salah satunya. Sulit sekali kita ingin mendapatkan textbook2 terbaru dg harga yang terjangkau.. Jarang sekali toko buku yang menyediakan buku dengan koleksi yang lengkap, terutama buku engineering (karena saya berkutatnya di masalah engineering), buku2 tentang literatur inggris pun sulit didapatkan (sumber bu Fanni haha), tertarik buka toko buku bareng ta (ayuk2.. haha)…
    Solusi termudah untuk mendapatkan informasi sebenarnya internet (sekalian nyambung ama artikel sebelum ini)… Namun apa yang terjadi di Indonesia ini.. Koneksi internet yang sangat luar biasa lambat ^^ namun super MAHAL… Mau kemana sebenarnya bangsa Indonesia ini ya???

  2. hehehe… mau kemana ya Indonesia ini? heheeh hanya Tuhan yang tau… hohoho…
    but, sekarang koneksi internet di Indo mulai (baru mulai…) murah dan cepat loh…

    mau buka toko buku bareng? Ayooo bangettt! aku tagih ntar, hehehe… (siapa mau ikut lage?)

    dan maksudku: pokoknya keadaannya apapun di Indo, kita sbg generasi muda mesti seneng baca dulu lah…
    dengan segala resikonya, hehehe…
    untuk Indonesia yang lebih baik.

    Viva Indonesia!

  3. setuju banget klo baca buku itu super duper penting 😀
    tapi klo pas skripsi gini (yang mengharuskan aileen baca referensi yang lumayan banyak dan berat ) jadi males juga ni baca buku..hehe…

    biasanya aileen selalu baca blognya mas ega cuman ga perna komentar.. hr ini surprise ada mas ega di shout box..jd pingin nyapa..”apa kabar ni?” 🙂

    oia..aileen bakal ngeprintnya mungkin bulan depan soalnya masih sibuk TA..ntar pas mo print mas ega tacariin lagi ya..;)

    God blez 🙂

  4. buka toko buku desain aja ga kayak basheer di jakarta …
    di sby cuma ada 1 dan bukan spesialisasinya…
    hauahua….jiwa bisnis banget

    MUST BACA..
    BACA itu pangkal pengetahuan kita…

    T_T find maddie

  5. alow.. aku lagi cari buku tentang standar elektrik.. judulnya kira2 “Electricity Standard 275KV Transmission Line Design Operation”.. aku uda cari di website referensi dari beberapa kenalan tapi tetap tidak ketemu.. ada juga yang berkaitan dengan elektrik gitu tapi ga nyambung dengan yang bos aku inginkan.. ada yang bisa memberikan referensi tentang buku ini ga?? plis.. aku butuh banget.. thanks a lot yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s