CHANGE!

10 CARA PALING UTAMA YANG MEMBUAT KITA TIDAK MAKSIMAL

Ak6929007 Banyak orang menderita bintik buta dalam soal mengenal dirinya sendiri. Banyak orang gagal melihat kelemahannya sendiri, dan seringkali itu menyebabkan masalah. Jika kita tidak tahu jika kita punya masalah, maka tak mungkin kita dapat menyelesaikannya.

Ada sebuah mitos yunani: Achilles’heel, adalah seorang pahlawan yang tidak dapat dihancurkan-kecuali bintik kecil di tumitnya. Dan kelemahan inilah yang membuatnya hancur total. Jadi janganlah anggap enteng kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh kelemahan kita. Mari kita lihat apa saja kesepuluh hal yang seringkali membuat potensi kita tidak maksimal:

1. KURANG TERAMPIL MEMBINA HUBUNGAN DENGAN SESAMA

Wall Street Journal memuat artikel tentang alasan-alasan para eksekutif gagal. Alasan yang nomor satu adalah ketidak mampuan membina hubungan dengan sesama.

2. SIKAP NEGATIF

”Dua orang melihat lewat jeruji penjaranya, yang satu melihat lumpur, yang lain melihat bintang.” Jika segalanya terlihat mengecewakan, ubahlah sikapmu.

3. TIDAK KLOP

Jarang ada hal yang membuat frustrasi ketimbang terperangkap dalam profesi atau organisasi yang tidak klop dengan minat kita.

4. TIDAK FOKUS

Hal-hal buruk dapat terjadi jika seseorang tidak fokus. Siapapun dapat membuat kekeliruan yang tidak disengaja jika segalanya kacau balau. Namun orang yang tidak fokus mengalami masalah bukan karena terlalu sibuk, melainkan karena PRIORITASNYA KACAU.

5.KOMITMEN YANG LEMAH

”Sebelum ada komitmen: selalu ada keraguan, keinginan untuk mundur, dan ketidak efektifan. Begitu seseorang membuat komitmen: mengalir banyak terobosan dalam keputusannya, banyak hal-hal tak terduga yang mendukung, serta bantuan materi yang tak pernah dibayangkan.”-Johann Wolfgang Goethe-

6. KETIDAKSEDIAAN UNTUK BERUBAH

Musuh terberat dari prestasi adalah SIKAP TIDAK FLEKSIBEL. Jika kamu menolak perbahan, berarti menolak prestasi atau kemajuan. Tidak perlu harus mencintai perubahan, namun hanya perlu bersedia menerima perubahan.

7. CARA BERPIKIR JALAN PINTAS

Hambatan umum untuk maju adalah keinginan menempuh jalan pintas, namun ini tak pernah berhasil dalam jangka panjang. Seorang pemenang sejati adalah orang yang melakukan hal-hal yang TIDAK SUKA dilakukan para pecundang!

8. HANYA MENGANDALKAN TALENTA SAJA

Terlalu melebihkan talenta/bakat tidak cukup mendukung seseorang mencapai prestasi. Menambahkan etika kerja yang kuat seperti menyiram bensin ke api. Meledak jadinya! Talenta harus dikembangkan.

9. RESPON YANG TIDAK BAIK TERHADAP INFORMASI

Orang-orang sukses memiliki kemampuan untuk membuat keputusan berat berdasarkan informasi yang terbatas. Dan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi yang dapat diandalkan untuk mengevaluasi keputusannya.

10. TIDAK ADANYA TUJUAN

Penyebab utama yang terakhir adalah TIDAK ADA TUJUAN/SASARAN. Don Marquis mengatakan, ”Dunia kita adalah dunia dimana orang-orangnya TIDAK TAHU APA YANG MEREKA INGINKAN dan bahkan bersedia masuk neraka untuk mendapatkannya”. Banyak orang TIDAK MEMILIKI SASARAN karena TIDAK MEMBIARKAN DIRINYA BERMIMPI.

Renungkanlah ini. Jika kita dapat menemukan kelemahan-kelemahan kita, maka kita dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya. DAN ITU DAPAT MENGUBAH HIDUP KITA!.

SELAMAT BERUBAH, SAHABAT!

From ”Failing Forward by John C. Maxwell”

Iklan

One thought on “CHANGE!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s