Jika tidak katakan “ya”: Dosa

Bc0030003 Kawan, pernahkah kamu melakukan kejutan April Mop? dulu saya sering melakukannya. Permainan yang mengasikkan sepertinya. Just for fun! pikirku. Itu dulu.

Tadi malam, saya melakukannya lagi, meski ini masih bulan desember. For fun. alasan yang selalu muncul, apalah artinya toh hanya guyon, pikir saya lagi.

Kali ini ‘permainannya’ lebih ‘serem’ lagi, aku sengaja menelepon kawan-kawanku, dan mengatakan bahwa salah satu dari kawan kita kecelakaan berat, dan masuk UGD. Sekenario berjalan dengan baik. Dan itu membuat mereka panik. Salah satu sahabat kembali menekankan,”Apakah benar berita ini?”. “Ya”, kataku menyakinkan. (Saya sangat menyesal mengatakan ini. Kata-kata “ya” saya itu adalah dosa, saya telah berdusta!). Sekarang aku mengerti apa artinya:

“Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. Matius 5:37″

Singkat cerita rencana berhasil dijalankan, tetapi hasilnya SAMA SEKALI TIDAK FUN! banyak kawan-kawanku yang tersakiti hatinya, karena ‘permainan’ ini sudah keterlaluan. Banyak yang tersakiti hatinya karena mereka mengira ini adalah kebenaran. Hati mereka sudah terluka.

Saya sudah minta mereka untuk mengampuniku, meski sampai detik ini, malam ini, belum bertemu dengan mereka. Besok aku berjanji akan menelepon kawan-kawanku itu, untuk sekali lagi memohon pengampunan dari mereka. Saya sungguh menyesal. Sangat.

Melalui kejadian ini, saya berjanji untuk tidak melakukan ‘april MOP’ atau sejenisnya, ENOUGH! Bagi saya, kesenangan yang didapat tidak sebanding dengan luka hati yang diterima orang lain. Dan itu berbekas. Iblis sudah tersenyum melihat kejadian ini. Dan saya sudah TERTIPU olehnya.

Kawan, mungkin ada banyak hal ‘kecil’ lainnya yang mungkin seringkali kita lakukan terhadap orang lain dengan dalih guyon, tetapi sudah sangat menyakiti hati orang lain. Mungkin melalui kata-kata kita, sikap kita, rencana ‘‘guyonan jahat’ kita. Melalui kisah ini, marilah kita berpikir apa yang sepatutnya dilakukan bagi orang lain. Jangan biarkan iblis menipu kita lagi, dia ahlinya menipu. Kita harus tegas terhadap dosa. Berdusta adalah dosa, meski dengan dalih guyon.

Dedicated to: Nita (pimblue satumagazine), Andhika, Stevie (Selamat ulang tahun), Andry, Abraham, Funk, Andre tyo, mamanya Nita, dan setiap orang yang sudah ‘luka’ hatinya…

“Ampuni aku kawan, karena telah menyakiti hatimu, dan mengacaukan rencana kalian. malam ini sama sekali tidak fun. Aku tahu kalian sudah terluka dengan ‘permainan’ konyol ini. Terimakasih sudah membuatku sadar akan dosa. Aku mengasihi kalian semua. I’ll pray for you all.”

for Cahya: You’re still my brother in Jesus. Aku mengasihimu.

ega.

Iklan

5 thoughts on “Jika tidak katakan “ya”: Dosa

  1. Iya Ega, Nita memaafkanmu. Permintaan maafmu kurang ke satu orang : Rony. Ega, aku salut karena kamu mau mengakui kesalahanmu dan sharing di blog ini. Aku berharap sharingmu bisa membuat orang lain belajar juga. O ya, jangan lupa bikinin tagboard-ku ya šŸ˜€

  2. hmmm…
    Bagaimana ku bisa tidak mengampunimu.. Kamu sendiri yang tahu, chief, bagaimana aku berdosa besar dan masih diampuni..
    But please jangan diulang, air mataku yang udah jatuh kemaren ga bisa dipunguti lagi!
    But I believe, ada sesuatu yang indah sedang terjadi! Entar ta ceritai ya chief! šŸ™‚

  3. Tyo menorehkan hitam di atas putih pada dunia maya nan abstrak tapi nyata ini:

    yup, bagiku sih kamu gak salah. yah setidaknya mungkin memang salah tetapi tak ada kesalahan tak termaafkan, coz FATHER menghapus daftar kesalahan kita jua.

    yah, si jago analisis bisa jatuh juga ya, wajar sih kan kita masih manusia.

    tapi jatuh tuh gapapa lagi yang penting bangun dengan JC.

    great teamwork with u as satuTeam and in ressYouth

    thanks

    setiap orang bisa salah, so lempar jauh guilty feeling-mu setelah mencerna pelajaran darinya. tak baik lah jika kau terus memelihara hewan buas itu: Guilty Feeling

    kami, Saudara+Saudarimu pasti memaafkanmu seperti FATHER jua mengampunimu.

    Biarkan kasih KRISTUS dan brotherhood kami mengangkat powermu dan bakar kembali semangatmu tuk terus belajar dari segala hal

    Tyo angkat kaki dulu dari dunia maya ciptaanmu ini

    c u soon

    Gbu

  4. thanks, tyo!
    kamu juga mempunyai potensi yang besar untuk dipakai buat kemuliaan kerajaanNYA! Jangan padamkan itu dan maksimalkan teruss…!
    senang mempunyai rekan sepertimu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s